Silahkan cari di sini

Daftar Isi

Kami selalu membuka kesempatan bagi penulis baru yang ingin mengembangkan ketertarikannya dalam dunia tulis menulis. Namun, kami juga sangat selektif dalam menerima naskah.
Kami hanya menjalin relasi dengan penulis yang benar-benar dapat dan ingin bekerja secara profesional.
Kami terbuka dalam menerima naskah, baik fiksi maupun non fiksi, sesuai dengan ketentuan dan syarat yang sudah kami tetapkan.
Jika kami tertarik dengan naskah Anda, kami akan segera menindak lanjuti melalui email dalam waktu 2 - 3 Minggu.
Kami sangat menghargai tulisan Anda .
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Salah satu Penerbit Online yang ada di Indonesia. Bertujuan menjembatani bagi penulis untuk mempublikasikan hasil karya Intelektual melalui media cetak berupa buku. Apakah Anda seorang penulis? dan kebingungan mencari penerbit untuk menerbitkan naskah Anda? Tidak Perlu Cemas. Kehadiran Kami adalah Solusi Terbaik Masalah Anda untuk mempublikasikan Hasil Karya Intelektual, untuk semua pembaca di seluruh Indonesia dan Dunia...!

Waktu yang Baik untuk Menulis

Minggu, 01 Mei 2011

Setiap orang diberi waktu yang sama setiap hari. 24 jam. Tidak kurang, tidak lebih. Namun tidak semua orang bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Termasuk kita yang menjadi seorang penulis, seringkali sulit sekali mendapatkan waktu luang untuk menulis. Terlebih kalau menulis bukan merupakan pekerjaan utama atau kita baru mengawali karir sebagai penulis. Kita seakan-akan selalu disibukkan oleh berbagai kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan, sehingga rasanya 24 jam sehari masih kurang. Kenyataannya, dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat mendapatkan waktu yang berharga untuk menulis, betapapun sibuknya Anda.

1. Kurangi menonton TV.
Anda mungkin tidak sadar betapa banyak waktu yang Anda habiskan di depan "kotak ajaib" yang siap membius Anda selama 24 jam non-stop. Anda akan mendapatkan banyak waktu luang dengan hanya mengurangi menonton TV. Waktu luang itu dapat Anda gunakan untuk menulis. Jika Anda membutuhkan hiburan, alih-alih menonton TV, nyalakan musik dan membaca. Hal ini akan lebih menunjang karir Anda sebagai penulis.

2. Bawalah buku jurnal atau notebook Anda kemana saja.
Jika Anda bepergian, Anda akan menemukan waktu-waktu luang yang biasanya terbuang percuma. Menunggu seseorang, di dalam perjalanan, menunggu antrian dokter, menunggu jam sekolah dimulai, menunggu anak selesai sekolah, dll. Waktu terbuang ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Daripada Anda bengong di jalan, atau suntuk sambil membaca majalah bulukan di tengah mengantri, yang mungkin beritanya sendiri sudah usang, Anda mungkin sudah bisa menghasilkan beberapa lembar tulisan.

3. Manfaatkan waktu dengan efektif. Gosip, jalan-jalan di mall, atau hang out berlebihan mungkin akan menghabiskan banyak waktu Anda. Sebagai penulis, Anda membutuhkan interaksi dengan banyak orang. Namun kurangilah aktivitas yang hanya menghabiskan waktu Anda dan tidak menghasilkan apapun bagi karir Anda sebagai penulis.

4. Disiplin membagi waktu dengan meluangkan waktu tertentu untuk menulis.
Misalnya di pagi hari, atau di malam hari, atau waktu apa saja yang Anda sukai. Konsekuensinya Anda harus berusaha agar Anda tidak terganggu oleh aktivitas lain di waktu menulis tersebut. Jika Anda mengalokasikan waktu di pagi hari, tuntaskan segala tugas Anda di malam sebelumnya. Persiapkan sarapan, pakaian untuk memulai hari dll di malam sebelum Anda tidur, sehingga sewaktu Anda bangun, Anda bisa berkonsentrasi sepenuhnya di pagi yang singkat untuk menulis.

Setelah Anda membaca artikel di atas, Anda tentunya akan dapat menerapkan tips sederhana di atas. Yang diperlukan hanya kemauan untuk melakukannya.


Oleh Didik Wijaya
Copyright by Penerbit Buku Fajar Satria

0 komentar: